Kamis, 08 Oktober 2020

Ternyata Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

 



Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur, ialah situasi saat siklus menstruasi bertambah lebih lamban, bertambah cepat, melalui beberapa waktu, atau serta tidak ada benar-benar.


Menstruasi ialah proses luruhnya dinding rahim yang dibarengi dengan perdarahan, umumnya berlangsung semasa 3-7 hari. Selayaknya siklus menstruasi berlangsung tiap 28-36 hari serta berjalan sekitar 11-13 kali dalam setahun. Setiap wanita alami siklus menstruasi yang berlainan, dapat bertambah pendek atau bisa lebih panjang.


Type Menstruasi Tidak Lancar


Menstruasi disebutkan tidak lancar atau mungkin tidak teratur jika siklus berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Disamping itu menstruasi digolongkan tidak lancar jika lamanya menstruasi beralih-alih tiap bulannya. Volume darah yang berbeda, terkadang banyak serta terkadang sedikit, adalah satu bentuk menstruasi tidak lancar.


Menstruasi yang tidak lancar umumnya berlangsung pada sekian tahun pertama sesudah masuk Tetapi, bila menstruasi tidak lancar berlangsung bukan di sejumlah tahun pertama Anda alami menstruasi, karena itu hal itu dapat disebutkan untuk menstruasi tidak teratur, yang bisa dikelompokkan ke beberapa type di bawah ini.


Polymenorrhe, ialah siklus menstruasi yang berjalan kurang dari 21 hari.


keseruan Bermain Judi Sabung Ayam Online Oligomenorrhea, ialah situasi saat siklus menstruasi bertambah panjang, atau tidak ada menstruasi lebih dari 35 hari, tetapi kurang dari 90 hari.


Amenorrhea, ialah situasi saat tidak alami menstruasi dalam tempo 3 bulan beruntun.


Metrorrhagia, adalah pendarahan menstruasi yang berjalan semakin lama serta volume darah semakin banyak.


Apakah yang Mengakibatkan Menstruasi Tidak Lancar? Di bawah ini ialah banyak hal yang menjadi pemicu menstruasi yang tidak lancar atau mungkin tidak teratur, diantaranya:


Menopause


Mendekati menopause, menstruasi menjadi tidak lancar. Ini sebab hormon estrogen serta progesteron pada tubuh jadi tidak teratur.


Kehamilan


Bila menstruasi Anda berhenti atau telat, coba lakukan kontrol untuk pastikan apa Anda hamil. Dokter umumnya akan mereferensikan tes kehamilan serta USG.


Alat kontrasepsi


Memakai alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral), KB suntik, atau pil KB, dapat mengakibatkan perkembangan berbentuk bercak antara siklus menstruasi. IUD dapat mengakibatkan darah yang keluar semakin banyak dari umumnya atau ngilu perut di saat menstruasi. Dapat berlangsung keluarnya sedikit darah di awal pemakaian pil KB, tetapi ini akan stop sesudah beberapa waktu pemakaian.


Gaya hidup setiap hari


Bila Anda lakukan olahraga yang terlalu berlebih atau berat tubuh Anda turun mencolok, hal tersebut dapat mengakibatkan menstruasi tidak lancar atau mungkin tidak teratur. Begitupun dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Bukan hanya perkembangan berat tubuh, depresi, kurang tidur (contohnya sebab masalah kelenjar pineal) dapat juga mengubah siklus menstruasi Anda.


Sindrom ovarium polikistik (PCOS)


(PCOS) ialah kelompok tanda-tanda yang berasal dari terciptanya kista-kista kecil di indung telur. Kehadiran kista ini membuat hormon jadi tidak setimbang. Testosteron bisa bertambah melewati batasan normal, yang mana semestinya pada wanita cuman sedikit terdapat hormon testosteron. Ketidaknormalan berlangsung ke proses pelepasan sel telur. Ini mengakibatkan wanita dengan PCOS tidak alami menstruasi, atau alami menstruasi tapi darah yang keluar cuman sedikit. Beberapa wanita dengan PCOS kemungkinan alami keluh kesah lain, seperti tumbuh kumis atau rambut dibagian badan spesifik.


Permasalahan pada tiroid


Di bagian leher Anda ada kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon yang bisa mengendalikan metabolisme badan. Bila tiroid Anda memiliki masalah, karena itu menstruasi Anda akan dipengaruhi. Tanyakan ini ke dokter ahli endokrin. Dokter akan lakukan tes darah untuk lihat bagaimana kandungan hormon tiroid pada darah Anda.


Langkah Menangani Menstruasi Tidak Lancar Penyembuhan untuk mengatasi menstruasi tidak lancar perlu disamakan dengan pemicunya. Di bawah ini ialah cara-cara yang bisa Anda kerjakan untuk menangani menstruasi yang tidak lancar atau mungkin tidak teratur.


Mengganti pola hidup.


Mengubah alat kontrasepsi.


Lakukan penyembuhan tiroid.


Kerjakan penyembuhan sindrom ovarium polikistik, contohnya untuk mengatur kandungan hormon atau diabetes. Disamping itu, turunkan berat tubuh secara sehat, bila Anda menanggung derita sindrom ovarium polikistik dengan berat tubuh berlebihan.


Lakukan konseling bila Anda alami depresi yang mengakibatkan berat tubuh turun mencolok.


Bila Anda merencanakan mempunyai momongan, tanyakan ke dokter untuk memperoleh kontrol serta perlakuan klinis. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan therapy hormonal untuk menyebabkan ovulasi normal kembali.


Jika Anda alami perdarahan yang tidak biasa di saat menstruasi sampai perlu mengubah pembalut setiap jam, menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari, atau jika Anda alami bercak sesudah lakukan jalinan intim, selekasnya hubungi dokter untuk memperoleh kontrol selanjutnya.

Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Kesehatan Wanita | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com