Jumat, 18 September 2020

Mewaspadai Menstruasi yang Tidak Normal

 



Waspada Menstruasi yang Tidak Normal Sehat tidaknya situasi tiba bulan menjadi tanda-tanda apa skema reproduksi Anda kerja secara baik atau mungkin tidak. Menstruasi yang tidak normal atau tidak sama dari biasa, peluang tanda-tanda masalah skema reproduksi Anda.


Biasanya periode menstruasi wanita ialah 2-7 hari, sesaat siklus menstruasi berjalan semasa 21-35 hari, dengan rerata biasanya semasa 28 hari. Walau waktu menstruasi yang dirasakan setiap wanita mempunyai karakter tidak sama, tapi ada banyak situasi yang penting dicermati sebab menjadi tanda-tanda ada permasalahan kesehatan.




Perhatikan Perkembangan yang Berlangsung Mengetahui menstruasi yang tidak normal atau ada perkembangan spesifik di waktu menstruasi, menjadi tanda-tanda peluang masalah pada organ reproduksi.


Di bawah ini ialah beberapa peluang perkembangan yang bisa berlangsung.


Bila volume menstruasi Anda semakin banyak dari umumnya


Biasanya wanita keluarkan volume darah rerata 30-40 ml pada saat menstruasi per bulan. Tetapi beberapa wanita keluarkan sampai lebih dari 60 ml satu bulan. Situasi ini disebutkan menorrhagia. Bila Anda sampai perlu mengubah pembalut hampir setiap jam, karena itu Anda bisa dimasukkan pada dalam kelompok situasi itu.


Kehilangan banyak darah yang mengakibatkan badan kehilangan zat besi yang diperlukan untuk produksi hemoglobin. Tanpa ada zat besi yang cukup, jumlah sel darah merah akan menyusut dengan cara relevan hingga mengakibatkan anemia. Situasi ini diikuti dengan beberapa gejala seperti kecapekan, pucat, serta napas pendek.


Jumlah menstruasi yang semakin tinggi ini bisa karena beberapa hal seperti berikut:


Kehamilan yang tidak normal atau keguguran


Pemakaian IUD (intrauterine piranti) atau spiral untuk cara kontrasepsi


Endometriosis


Penyakit radang panggul


Masalah aglutinasi darah


Kanker rahim


Polip atau fibroid pada rahim


Kelebihan volume darah yang keluar bisa dikurangi dengan konsumsi kontrasepsi oral atau obat asam traneksamat yang bisa tingkatkan pembekuan darah. Tetapi bila volume menstruasi Anda semakin banyak dari umumnya, selekasnya kontrol ke dokter. Bila sesudah konsumsi obat situasi Anda tidak lebih baik, dokter akan merekomendasikan untuk jalani kontrol USG untuk mengecek organ panggul.


Bila menstruasi Anda melamban atau serta stop


Kelompok menstruasi yang tidak normal termasuk juga waktu seorang wanita tidak alami menstruasi semasa 3 periode beruntun atau belum alami menstruasi waktu mencapai umur 15 tahun. Situasi ini disebutkan alami amenorrhea.


Disamping itu, beberapa situasi lain kemungkinan mengakibatkan berlangsungnya amenorrhea misalnya:


Anda sedang hamil atau sedang dalam waktu menyusui.


Olahraga begitu berat atau sering. Frekwensi serta intensif olahraga yang terlalu berlebih bisa mengubah produksi serta kerja hormon reproduksi yang mengendalikan siklus menstruasi.


Langkah Main Bettingan Sportsbook Online Alami masalah skema makan seperti anoreksia nervosa. Kekurangan kalori pada tubuh menghambat pelepasan hormon yang diperlukan dalam proses ovulasi.


Peluang pemicu lain ialah, obesitas, konsumsi kontrasepsi oral, masalah pada hipotalamus (sisi otak yang mengendalikan peraturan hormon reproduksi), masalah kelenjar tiroid, depresi, masalah pada rahim, sindrom ovarium polisistik, menopause awal serta masalah kesetimbangan hormon lain.


Selekasnya kontrol ke dokter bila menstruasi Anda stop, tidak teratur, atau seringkali telat dalam tempo yang lumayan panjang.


Bila Anda alami ngilu haid yang terlalu berlebih


Umumnya wanita alami kecapekan serta ngilu pada saat menstruasi. Tetapi, beberapa wanita merasai ngilu menstruasi yang bertambah kronis, hingga membuat mereka tidak dapat beraktivitas. Situasi ini disebutkan dismenorea. Bisa dibarengi oleh beberapa gejala lain seperti mual, muntah, sakit di kepala, ngilu pada punggung serta diare. Ngilu terlalu berlebih waktu haid ini menjadi tanda-tanda pada ada penyakit spesifik, seperti endometrosis serta fibroid.


Beberapa obat antiinflamasi bisa dikonsumsi untuk menahan produksi prostaglandin untuk pemicu ngilu serta kurangi rasakan sakit yang ditimbulkannya. Dianjurkan untuk memeriksa diri ke dokter untuk mendapatkan perlakuan pas. Dokter Anda peluang akan merekomendasikan tes pap smear, kontrol panggul, USG, atau laparoskopi.


Bila Anda alami pendarahan antara waktu menstruasi


Menstruasi yang tidak normal bisa diikuti perdarahan antara waktu menstruasi. Seharusnya selekasnya dibawa untuk mengetahui peluang ada masalah. Contohnya, cedera pada vagina sampai penyakit yang bertambah serius seperti kanker.


Situasi yang Perlu Selekasnya Dicheck Lihat bila menstruasi Anda alami perkembangan. Pada dasarnya Anda harus selekasnya memeriksa diri ke dokter bila:


Siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.


Menstruasi Anda berjalan lebih dari 7 hari.


Alami pendarahan antara waktu menstruasi.


Alami ngilu yang tidak ketahan waktu alami


Perlu mengubah pembalut sampai setiap satu jam sekali.


Anda sudah stop alami menstruasi semasa 12 bulan beruntun, tetapi selanjutnya kembali lagi alami haid.


Memeriksa diri sedini kemungkinan bisa membuat peluang masalah karena menstruasi yang tidak normal bisa selekasnya diatasi.

Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Kesehatan Wanita | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com